Profil Grup Albanjari Muhasabatul Qolbi Jombang

https://i.ytimg.com/vi/UUEC80wPI6A/hqdefault.jpg
Sumber: YouTube

Albanjari merupakan salah satu kesenian khas islam di Indonesia. Salah satu grup albanjari yang banyak dikenal adalah Muhasabatul Qolbi. Grup ini terbentuk atas semangat dan cinta kepada Baginda Rasulullah SAW. 

Hal ini sangatlah wajar, mengingat betapa besarnya jasa Beliau terhadap kemajuan peradaban manusia dan telah menerangi dunia dengan ilmu dan kebaikan akhlaqnya. Rasulullah telah menjadi panutan kita dalam beragama, selalu mengedepankan kebaikan dan persaudaraan terhadap sesama muslim, non-muslim, bahkan terhadap lingkungan sekitar, subhanallah..

Oleh karena itu sangatlah pantas dan sebagai wasilah menghamba kepada Allah SWT, kita juga perlu untuk meneladani kepribadian Rasulullah SAW.

Selain meneladani kepribadian Beliau, sebagai manivestasi kecintaan terhadap Rasulullah, maka banyak pemuda dan pemudi memanjatkan sholawat kepada Beliau. Salah satunya adalah melalui kesenian Sholawat Albanjari.

Muhasabatul qolbi adalah grup Albanjari dengan paduan personil laki-laki sebagai penerbang dan personil perempuan sebagai vokal. Muhasabatul qolbi pun telah menelurkan banyak sekali karya dalam kesenian Albanjari. Karya-karya tersebut berupa lagu yang digubah dan diaransemen ulang. 

Lagu-lagu mereka banyak mengambil dari syair-syair ulama. Kemudian karya mereka juga dapat kita nikmati berupa Album Perdana mereka yakni album Al Abdu yang merupakan album albanjari yang terdiri dari 10 lagu-lagu terbaik Muhadabatul Qolbi.

Grup Muhadabatul Qolbi termasuh grup yang produktif menghasilkan prestasi. Banyak festival atau perlombaan yang mereka menangkan. Salah satu yang mendapat banyak perhatian masyarakat pecinta Rasulllah adalah ketika muhadabatul qolbi berhasil menjuarai festival ramadhan jawa pos 2013. Subhanallah..

Allahumma Sholli 'ala Sayyidina Muhammad..

Post a Comment for "Profil Grup Albanjari Muhasabatul Qolbi Jombang"