Tips Menghadapi UTS dan UAS Buat Mahasiswa [Edisi Spesial]



Assalamu`alaikum.. Selamat pagi teman-teman !

Perasaan liburan semester baru kemarin ya, eh ndak terasa sekarang sudah UTS aja. Hmm..

Iya, kalau disini, dikampus UTM sedang ujian tengah semester, dan melihat curhatan beberapa teman di Facebook dan WhatsApp, sepertinya dikampus-kampus lain juga ujiannya minggu-minggu ini ya. Yee jadi tepat ya saya bisa mengucapkan Selamat UTS !

Yap, di Universitas Trunojoyo Madura, UTS semester ganjil tahun ini memang sudah dimulai sejak hari Senin, 16 Oktober 2017. Jelas telat sih tulisan ini, tapi kan saya sendiri dan teman-teman satu program studi belum start, ujiannya baru senin depan, jadi ya nggak telat-telat amat lah ya.. Hehehe dan kata `Tips` juga sebenarnya singkatan ya, kependekan dari `Teknologi Industri Pertanian Squad`. Yeeee..
Tips Menghadapi UTS dan UAS Buat Mahasiswa [Edisi Spesial]
Sumber:Akademik Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
Okeh inilah tips khusus dari saya dalam menghadapi dan menyukseskan tantangan ujian tengah semester..

#TIPS 1

Memohon Restu Orang Tua

Nah, tips yang nomor satu dan yang wajib dilakukan adalah memohon restu dari orang tua kita. Bagaimana tidak, sudah sangat jelas hal ini akan berdampak besar bagi kita-kita, hal ini juga lah kekuatan yang mendongkrak semangat juang kita dalam menghadapi ujian.

Apalagi nih bagi mahasiswa rantau. Doa dari orang tua dan keluarga dirumah akan semakin membuat kepercayaan diri kita bertambah. Support dari keluarga adalah modal penting, bahkan sejak pertama kali kita memutuskan untuk melanjutkan studi, bahkan sejak kita baru lahir, bahkan sejak kita masih dalam kandungan, atau bahkan sejak kita belum ada wujudnya.

Hmm akan sangat rugi dan mungkin bisa dikatakan blunder elementer jika kita tidak menyertakan restu dan doa dari orang tua ketika akan menghadapi ujian, baik ujian hidup atau pun ujian UTS dan UAS, dll.

Jadi, bagi teman-teman yang belum minta doa restu, yuk kita cari waktu terbaik hari ini untuk menghubungi Beliau-beliau di rumah. Hehehe kebetulan saya juga belum sih, ayo nanti malam ya..

#TIPS 2

Persiapkan Materi

Materi yang kita dapatkan selama 7 pertemuan kuliah musti kita kumpulan lagi kalau memang tercecer di grup WhatsApp misalnya. Kita rapikan dalam satu folder `UTS Project` dan dalamnya kita buat folder lagi berdasarkan mata kuliahnya.


Hal ini akan sangat membantu kita untuk fokus saat belajar. Karena kita sudah tidak lagi repot harus mencari materi yang masih tercecer kesana kemari. Dan sering kali ada saja teman yang, eh nggak jadi nggak jadi kog malah ngomongin temen. Hehehe ya intinya kita benar-benar sudah siap materinya dan siap untuk fokus belajar.

#TIPS 3

Atur Strategi Belajar

Pilihlah strategi belajar terbaik yang perlu kita terapkan agar hasil maksimal. Beberapa strategi misalnya menghafalkan seluruh materi jika itu berupa teori, atau latihan mengerjakan soal jika itu berupa perhitungan misalnya, atau beberapa orang juga seringkali menekankan pada pemahaman terhadap materi.

Memahami materi adalah yang terbaik menurut saya. Karena sepertinya Dosen juga sudah menganggap tingkatan kita sudah naik ya, jadi soal-soal yang diberikan sering kali berupa soal analisis yang belum pernah diajarkan, tapi intinya sama cuma agak dikembangkan lagi. Lha soal-soal seperti inilah yang musti kita waspadai, kita harus paham inti dari materi yang diajarkan agar setidaknya dapat menjawab dan ndak out of topic dari soal yang diberikan.

Dalam beberapa tahun ini, sejak dibangku MA, strategi yang saya terapkan adalah membaca materi sambil memahami, kemudian mencatat poin-poin penting di kertas, dan beberapa waktu sebelum ujian dimulai saya baca poin-poin tersebut. Kurang lebih seperti itu..

Namun berbeda lagi bagi kalian yang notabenya mahasiswa sibuk, entah sibuk organisasi atau mungkin juga sedang menyambi kerja. Hmm agak sulit memang, tapi cobalah untuk mengurangi beberapa aktivitas yang mungkin kurang bermanfaat. Kalau kata teman saya `Don`t be busy, but be productive!` Ya kalian sendiri lah yang bisa memahami keadaan kalian, kesibukan kalian jelas penting, dan ujian juga penting.

#TIPS 4

Jangan Mengandalkan Contekan

Kan sudah persiapan dari awal, jadi nggak mungkin mengandalkan contekan lah ya ya ya.. Hehehee

#TIPS 5

Fokus Selama Mengerjakan

Iya, fokus. Terserah kalian bisanya fokus gimana. Apa hapenya dimatikan dulu, atau mantengin soal terus-menerus? sambil ngupil juga nggak apa-apa.. Eits! Asal jangan hidungnya teman yang diupilin, apalagi pake tangannya temen buat ngupil hidung sendiri. Wkwkwkwkwkwkwkwkw...

#TIPS 6

Pastikan Identitas Sudah Terisi dengan Benar

#TIPS 7

Berdoa dan Bertawakkal Kepada Allah SWT untuk Hasil yang Terbaik

Aaaamiiin.. Semangat teman-temaaan!!

Post a Comment for "Tips Menghadapi UTS dan UAS Buat Mahasiswa [Edisi Spesial]"