خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya)”

Tips Mengerjakan Soal SBMPTN yang Super Sulit!

Hai kawan!

Bagaimana nih persiapan buat ujian nasionalnya? Apakah kalian sudah siap? Semoga kalian semua diberikan kemudahan dan lulus 100% ya tahun ini. Lalu, setelah ini mau melanjutkan kemana? Ada yang ingin kuliah?

Oke, kuliah memang menjadi salah satu pilihan yang dapat kalian ambil setelah lulus dari SMA/MA/SMK ataupun yang sederajat. Saya rasa pemuda sekarang sebaiknya mencari ilmu yang banyak, salah satunya ya dengan kuliah.

Oleh karena itu banyak dari lulusan SMA/sederajat yang sudah mulai pilih-pilih dimana ia akan melanjutkan study. Ada yang memilih kuliah di kampus swasta didalam kota, maupun memilih perguruan tinggi negeri idaman mereka.
Tips Mengerjakan Soal SBMPTN yang Super Sulit!
Foto: Lamhot Aritonang (news.detik.com)

Yap, perguruan tinggi negeri adalah salah satu impian anak-anak sekarang ini. Alasannya tentu pada kualitas dan akreditasi. Selain itu kalau di PTN sendiri juga banyak menerima mahasiswa bidikmisi. Ini adalah kesempatan emas bagi kalian yang ingin kuliah, termasuk kalian yang tidak punya biaya.

Bagi kalian yang mengincar untuk diterima di bidikmisi, kalian musti melalui yang namanya seleksi, baik itu SNMPTN, SBMPTN, SPANPTKIN, maupun seleksi mandiri. Nah kali ini saya akan berbagi tips agar dapat lolos seleksi SBMPTN.

Tips ini sederhana, dan dikhususkan bagi kalian yang memilih jurusan saintek, otomatis yang dikerjakan juga soal-soal saintek. Perlu diantisipasi ya, soal-soal SBMPTN itu super sulit. Tingkat kesulitannya itu berlipat-lipat dibandingkan soal di ujian nasional. Ya iyalah, kalau sebanding dengan ujian nasional, kemungkinan besar akan lolos semua. Hahaha.. padahal pada kenyataannya, setiap tahun selalu ada saja kursi kosong karena peserta seleksi yang skor atau nilainya masih dibawah batas kelayakan. Jadinya, peserta yang lolos lebih sedikit dari kapasitas yang disediakan. Nah loh!

Sebelumnya kita harus tahu jenis-jenis soal sbmptn. Ada 3 jenis, yakni soal Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), soal Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), dan Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum). Dan sebenarnya masih ada lagi yaitu soal campuran bagi kalian yang ingin menyeberang jurusan dari IPA ke IPS atau sebaliknya.

Berhubung saya dulu memilih jurusan yang berbau-bau IPA, saya dapat soal TKPA dan TKD Saintek. Secara rinci soal TKPA itu terdiri atas 90 soal dan dibagi menjadi 6 sub tes. Sedangkan soal TKD Saintek terdiri dari 60 soal dan dibagi menjadi 4 sub tes.

Supaya lebih mudah, saya beri bullet dan nomor saja ya.

Soal TKPA

a.       15 soal Verbal
b.      15 soal Numerial
c.       15 soal Figural
d.      15 soal Matematika Dasar
e.       15 soal Bahasa Indonesia
f.       15 soal Bahasa Inggris 

Soal TKD Saintek

a.       15 soal Matematika
b.      15 soal Fisika
c.       15 soal Kimia
d.      15 soal Biologi

Nah, bagaimana. Mantap kan?? Hehehe. Tenang, beruntung kalian sudah kesasar di blog saya ini karena kali ini saya akan berbagi tips, atau yang biasa saya sebut sebagai strategi dalam mengerjakan soal-soal sbmptn.

Strategi ini saya bagi menjadi dua bagaian, pertama adalah strategi mengerjakan soal TKPA dan yang kedua strategi mengerjakan soal TKD Saintek. Oke, baca baik-baik ya kawan.

Strategi TKPA

Dalam mengerjakan soal-soal TKPA, kalian harus berkonsentrasi penuh. Soal yang diberikan umumnya sangat mudah untuk dijawab, akan tetapi kalian juga harus tetap waspada dan jeli. Pasalnya, terkadang soalnya itu membingungkan, apalagi jika kalian baru melihat pertama kali. Oleh karena itu, kalian sebaiknya mulai mempelajari bentuk-bentuk soal TKPA yang diatas sudah diberi tahu ada 6 sub tes.

Berikut untuk lebih detainya:
  • Kalian harus memperbanyak perbendaharaan soal-soal TKPA, baik yang Verbal, Numeral, maupun Figural beserta cara menjawabnya.
  • Untuk yang soal-soal TKPA Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, kalian perlu berlatih. Ingat, maksimalkan kemampuan kalian untuk soal-soal TKPA ini karena pada dasarnya tidak terlalu sulit.

Strategi TKD Saintek

Soal-soal di TKD Saintek ini menurut saya sangat sulit, hal ini wajar karena PTN hanya akan bersedia menerima calon mahasiswa yang kualitasnya mumpuni. Untuk itu, sepertinya kalian perlu mengikuti les ataupun bimbingan SMBPTN karena memang bobot soalnya lebih sulit dari soal Ujian Nasional.

Kalau saya sendiri, dulu waktu mengerjakan soal TKD Saintek ini menggunakan trik dari kakak kelas saya yang lebih dahulu berhasil lolos sbmptn setahun sebelumnya.

Triknya cukup mudah, yakni: “Kerjakan dulu soal yang bisa kalian jawab. Jika sudah benar-benar tidak bisa, maka kamu bisa mengerjakan dengan cara menjawab dengan jawaban yang sama untuk beberapa nomor. Misalnya, nomor 1 sampai 10 dijawab A semua, nomor 11 sampai 20 dijawab B semua, dan seterusnya.” Hehehe.. saya dulu gitu.

Trik ini dimaksudkan untuk mencari aman. Kita berharap dari sepuluh soal yang kita jawab sama semua, nantinya ada 2 soal yang betul, syukur kalau lebih dari dua. Artinya kita dapat surplus skor/poin/nilai.

Trik tersebut terlihat tidak rasional, tapi apa daya. Saya hanya bisa berharap. Kalau tidak dijawab malah berdampak kurang baik karena seakan-akan kita tidak serius mengikuti seleksi. Mana ada PTN yang mau menerima calon mahasiswa yang tidak serius. Ya kan? Apalagi dalam petunjuk umum mengerjakan soal smbptn di poin ke 13 sudah tertera jelas, yakni “Penilaian didasarkan atas perolehan skor pada setiap subtes. Oleh karena itu, Anda jangan hanya menekankan pada subtes tertentu (tidak ada subtes yang diabaikan).”

Kesimpulan
Jika kalian ingin lolos seleksi sbmptn, kalian harus belajar sedari sekarang. Usahakan untuk soal yang TKPA harus benar 100% karena soal yang diberikan relatif mudah. Untuk soal yang TKD saintek, kalian harus berusaha lebih keras lagi. Namun jika sudah tidak memungkinkan, kalian bisa menggunakan trik ini. Hehehe

Soal TKPA ada 90 soal dan kita diberi waktu mengerjakan 105 menit, jika benar semua kita akan mendapatkan 360 poin. Sedangkan soal TKD Saintek itu ada 60 soal dan dengan waktu 105 menit. Katakanlah kita memutuskan untuk menggunakan trik ini, dan kita mendapat surplus poin 72. Jadi jumlah skor akhir kita menjadi 432. Nah, lumayan kan?

Good Luck Kawan!

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Tips Mengerjakan Soal SBMPTN yang Super Sulit!"

  1. terima kasih infonya
    ini yang dicari info pendaftaran sbmptn tahun ini
    artikel sip

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya.. makasih juga sudah mampir dirumahku ya..

      Delete
  2. Kak apa anda keterima di universitas saat ikut sbmptn?

    ReplyDelete
  3. Saya ngga yakin kalo di isi semua. Ini kan sbmptn bukan Un salah pasti -min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya lakukan seperti yg saya tuliskan sih.. Tapi jelas usaha yg lebih akan sangat penting untuk saat ini cz persaingan semakin ketat.. good luck

      Delete
  4. kak itu kk tkd saintek nya di isi semua ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencananya saya isi semua, tapi waktunya ternyata nggak cukup karena sempat ngerjain yg saya bisa dulu..

      Delete
  5. Bukannya penilainnya -1 kalau salah min,gak bisa dong kalau misalnya pakek cara 1-10 dijawab A semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana lagi, saya hanya bisa berharap minimal ada 2 jawaban yg benar, syukur2 lebih dari 2 (artinya saya dapat surplus poin).

      Daripada tidak dijawab sama sekali karena memang benar2 Ndak bisa.. Penilaiannya kan menggunakan sistem presentil, jadi semua sub tes/pelajaran benar2 diperhitungkan.. Ingat, trik yg saya gunakan ini memang karena benar2 kepepet, jadi persiapan yg matang mutlak diperlukan.. hehehe

      Delete
    2. Keadaan saya waktu itu sangat menguasai dan memaksimalkan soal2 TKPA, b. Indo, b. Inggris.. tapi saya sangat lemah dengan soal hitungan

      Delete

Hai ! Bagaimana, seru kan artikelnya? Jangan lupa untuk menanggapi artikel saya ini ya.. :)