Cara Mencari Jurnal Nggak Pake Ribet !


Cara Mencari Jurnal Nggak Pake Ribet !

Selamat sore sahabat-sahabatku, gimana kabar kalian? Saya harap semua dalam keadaan baik ya.. hehehe

Oke, kali ini saya akan menuliskan sesuatu yang mungkin berbeda dari sebelumnya, maksud saya tema tulisan yang agak melenceng dari yang biasanya. Mungkin sebelumnya tulisan yang saya publish berbau-bau curhat, kali ini saya akan menuliskan cara mencari jurnal ilmiyah dengan cara yang mungkin berbeda dengan tutorial lain di blog yang lain pula.

Teknik pencarian ini sangat simple. Hal ini memang dimaksudkan agar waktu yang kita gunakan untuk mencari jurnal lebih efisien lagi. Teman-teman pasti merasakan sendiri kan, rumitnya menbuat laporan. Kalau sekedar membuat pembahasan sih saya rasa relative mudah, akan tetapi tanpa adanya referensi yang kredibel, hmm bukan laporan namanya, wkwkwkw.

Sebagai siswa ataupun mahasiswa yang disibukkan dengan praktikum di lab, waktu dan stamina menjadi hal yang perlu diperhatikan. Siswa atau mahasiswa yang seperti ini, biasanya anak jurusan pertanian, kelautan, atau anak teknik, akan selalu dikerjar-kejar yang namanya laporan setelah capek-capek praktikum. Mungkin anak-anak seperti ini dua kali lebih sibuk dan capek dibandingkan anak-anak jurusan lain. Hmmm yang sabar ya sob.

Baik, langsung saja, inilah cara mencari jurnal nggak pake ribet yang saya maksud.

  1. Tentukan topic atau informasi apa yang akan sobat cari referensinya.
  2. Tentukan kata kuncinya
  3. Buka browser sobat, terserah mau pake mozila firefox, google chrome, IE, Opera atau yang lainnya.
  4. Buka www.google.co.id (ingat, .co.id bukan .com. ini bertujuan agar pencarian menjadi lebih spesifik).
  5. Ketikkan kata kunci yang sudah sobat tentukan tadi.
  6. Eits ! jangan di Enter atau klik cari dulu.
  7. Ketikkan “Jurnal Vol kata kunci pdf”. Contoh; Jurnal Vol kadar lemak .pdf
    8. Klik Cari tau tekan Enter
    9. Tinggal pilih-pilih

Hehehe, simple kan?

Sekedar tambahan, terkadang untuk referensi dari jurnal, yang digunakan adalah yang lima tahun terakhir. Oleh karena itu, pada langkah yang nomor 7, ditambah dengan tahun yang sobat inginkan. Misal; Jurnal Vol 2013 kadar lemak sosis SNI .pdf

Nah, mudah bukan? Silahkan sobat praktikkan cara mencari jurnal nggak pake ribet diatas. Sekian dari saya, oh ya salam buat teman-teman yang lain ya… hehehe


Muhammad Munir

Post a Comment for "Cara Mencari Jurnal Nggak Pake Ribet !"